Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menulis teks prosedur siswa menggunakan media video Youtube. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap model penelitian tindakan kelas Hopkins. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karanganom dengan melibatkan 38 siswa kelas VII. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes, wawancara dan catatan. Data dianalisis dengan cara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganom mengalami peningkatan setelah menggunakan media video Youtube. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa Pra Siklus terdapat 28 siswa (73,3%) yang tuntas, dan 10 siswa (26,7%) yang tidak tuntas, Siklus I terdapat 30 siswa (78,9%) yang tuntas, dan 8 siswa (21,1%) yang tidak tuntas, dan Siklus II terdapat 37 siswa (93%) yang tuntas, namun ada 1 siswa (7%) yang tidak tuntas.