Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengendalian diri dan perilaku sosial dengan disiplin siswa. Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri PGRI Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019.


Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional. Subyek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Ada tiga variabel yang diteliti, yaitu variabel kontrol diri, variabel perilaku sosial dan disiplin. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer SPSS for Windows versi 16,00.


Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengendalian diri dengan disiplin siswa berdasarkan nilai korelasi ganda R = 0,567 dan perilaku sosial dengan disiplin siswa berdasarkan nilai korelasi 


ganda R = 0,574 serta X1 dan X2 dengan Y berdasarkan nilai korelasi ganda R = 0,638 dengan signifikansi 5% hasil ini terbukti adanya korelasi bersama pengendalian diri dan perilaku sosial dengan disiplin siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis. Pengujian hipotesis (Uji F) diperoleh F hitung (X1) = 11.384, F hitung (X2) = 11,796 dan F hitung X1, X2, dan Y bersama-sama sebesar 7,877, dan F tabel sebesar 3,403 sehingga F hitung > Ftabel. Hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengendalian diri (X1) dan perilaku sosial (X2) dengan disiplin (Y) pada siswa kelas VIII SMP Negeri PGRI Pakis diterima.


 

Article Details

References

    Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
    Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
    Aulia, A. (2012). Aspek Disiplin. Bandung: CV Mandar Maju.
    Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
    Gunarso, D. S. (2004). Psikologi Praktis, Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: PT Gramedia.
    Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
    Semiawan, C. R. (2009). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT Indeks.
    Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.