Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar rendah kelas IV SDN Kalegen 1 Bandongan Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra eksperimen, dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa, dengan melakukan 8 kali bimbingan kelompok. Tehnik pengambilan yang digunakan purposive sampling. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows Versi 16.00 yaitu dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil peningkatan rata-rata skor setelah diberikan perlakuan yakni mean naik dari pretest 59,9 menjadi 97,6 pada mean posttest dengan selisih 37,7 dan nilai signifikasi 0,012 < 0,05 dengan demikian menyatakan bahwa hipotesis diterima. harus dibuat singkat, menarik, sederhana, dan mudah dipahami tanpa membaca keseluruhan artikel.


 

Article Details

References

    Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil. Padang: UNP Press.
    Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
    Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.