Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain one Group pretest – posttest Design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 8 orang remaja yang terdiri dari satu kelompok eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan Teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pengambilan keputusan karier. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis parametrik paired sampel t- test.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teknik metafora efektif untuk meningkatkan dalam pengambilan keputusan karier remaja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t – test dengan probabilitas nilai bahwa asym sig (2- tailed) < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata – rata angket pengambilan keputusan karier 8,14% dari hasil pretest dan posttest. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Teknik metafora efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier remaja.

Article Details

References

    Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    Burns, G.W. (2011). 101 Healing Stroies: Using Metaphors in Therapy. NewYork: Wiley.
    Burns, G.W. (2013). 101 Healing Stroies: Using Metaphors in Therapy. New York: Wiley.
    Chapman, R.D. (2012). “The Use of Metaphor in Counseling: A Discourse Analysis”. A Thesis Submitted: Counseling Psychology. Columbia: University of British.
    Chesley, G.L., Gillett, D.A., & Wagner, W.G. (2011). verbal and nonverbal Metaphor with children In Counseling. Journal of Counseling & Development, 86(4), 399-411