Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik token economy untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Persatuan Mertoyudan.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa, 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala prokrastinasi akademik siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis parametric yaitu uji Paired sample t-test  dan Independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows.


Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik token economy lebih berpengaruh untuk mereduksi perilaku rokrastinasi akademik siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired sample t test kelompok eksperimen dengan probabilitas Sig. (2-tailed)  0,000< 0,05. Berdasarkan analisis rata-rata penurunan kelompok eksperimen sebesar -80,3 yang termasuk dalam kategori rendah.

Keywords

Konseling Kelompok;Token Economy;Prokrastinasi Akademik

Article Details