Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh art therapy menggambar dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan pengelolaan emosi marah remaja yang dilaksanakan di Panti Pelayanan Sosial Kumuda Putera Puteri Magelang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimen dengan model One group pretest-posttest design. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 6 remaja yang mempunyai pengelolaan emosi rendah yang mendapatkan perlakuan dengan layanan konseling kelompok melalui penerapan art therapy menggambar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis parametik Uji Paired Sample T-test.Hasil dari sig menunjukkan p= 0,001 < 0,05, hasil problabilitas menunjukkan 0,05 hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatkan pengelolaan emosi marah antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan art therapy menggambar dalam layanan konseling kelompok. Peningkatan skor tertinggi adalah 21 atau 21,8 % dan skor terendah sebesar 8 atau sekitar 8%, rata-rata peningkatan skor sebesar 13,3 atau sekitar 13,8%. Kesimpulannya art therapy dalam layanan konseling kelompok dapat meningkatkan pengelolaan emosi marah remaja.
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Edwards, David. 2014 . Art Therapy Creative Therapies in Practictice. London : British Library
Fadhila, Ihsana & Hedi. 2017. “ Efektifitas Cognitive Behaviour Art Therapy (CBAT) untuk Meningkatkan Self Esteem Remaja Obesitas yang menjadi Korban Perundungan”, Journal of Psychological Science and Profesion, 1(1), 9-20.
Hurlock. 2015. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga
Karyati, Yanti. 2019. “ Teknik Menggambar untuk Menurunkan Emosi Marah pada Peserta Didik di SMA Negeri 2
Palangkaraya.” Skripsi
Sarwono. 2012. Pengantar Psikologi Umum.Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.