Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Harita Nickel dalam memberdayakan masyarakat di Pulau Obi. Metode yang digunakan adalah analisis konten terhadap akun Instagram resmi @harita.nickel sebagai sumber utama data. Penelitian ini fokus pada dua aspek utama, yaitu implementasi program CSR oleh perusahaan dan partisipasi masyarakat serta pro-kontra terhadap program CSR perusahaan Harita Nickel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR Harita Nickel di Pulau Obi berhasil meningkatkan kualitas pendidikan, keterampilan kerja, konservasi dan pengelolaan lingkungan, serta mendukung UMKM lokal. Tingginya partisipasi dan penerimaan masyarakat menunjukkan keberhasilan inisiatif dalam memberdayakan komunitas lokal, mencerminkan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, selain menuai respon positif dari netizen yang mungkin beberapa dari mereka adalah penduduk pulau Obi, juga menuai kontra yang pada nyatanya tidak sesuai dengan apa yang diposting, seperti rusaknya lautan akibat pencemaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai efektivitas CSR dalam konteks pemberdayaan masyarakat di wilayah yang terpencil seperti Pulau Obi, serta mengevaluasi lebih lanjut terkait kontra masyarakat terhadap program yang digerakkan.
Article Details
References
- Akbar, F. K., & Dewiyanto, T. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Efek Moderasi Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting, 11(1), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
- Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3), 8920–8928. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400
- Bab, I. V. (2018). Kebijakan pendidikan. In Analisis Kebijakan Pendidikan. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4911/Warni-T-Sumar-Analisis-Kebijakan-Pendidikan-Kajian-Teoretis-Eksploratif-dan-Aplikatif.pdf#page=138
- Darmawan. (2024). Perencanaan Bisnis. Bumi Aksara. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64837/
- Gora, R. (2019). RISET KUALITATIF PUBLIC RELATIONS. Jakad Publishing Surabaya. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=KijZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Radita+Gora.+(2019).+Riset+Kualitatif+Public+Relations.+Jakad+Media+Publishing.&ots=fnIFhTfVSE&sig=RHA9DMqgZtSCdb6sVkaoiySadxw&redir_esc=y#v=onepage&q=Radita Gora. (2019). Riset K
- Hanafi, R. (2018). Ekonomi Lingkungan (Amirullah (ed.); VI). Media Nusa Creative. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1153150
- Hpalnickel.com. (2021). HARITA Operasikan Lini Produksi Kedua Untuk Pemurnian Nikel. HPAL. https://hpalnickel.com/media/press-release/harita-operates-second-production-line-for-nickel-refining
- Maf’ulla, A. A., & Rachmawati, I. I. (2024). Literature Review : Analisis Manfaat Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Citra Perusahaan Pertambangan. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(2), 62–75. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i2.313
- Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
- Marjukah, A., & Haris, A. (2024). PENGANTAR BISNIS (P. T. Cahyono (ed.)). Yayasan Cendekia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=HeP8EAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
- Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). DAKWAH DAN KOMUNIKASI, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959
- Rahmat. (2019). Indonesia Nan Indah : Wisata Laut (H. Rahayu (ed.)). ALPRIN. https://books.google.co.id/books?id=RobZDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
- Ratnawati, & Amanda, D. (2019). Inovasi pengolahan dan pengelolaan produk unggulan berbasis ekonomi digital di daerah tertinggal. Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (BALILATFO) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. https://books.google.co.id/books/about/Inovasi_pengolahan_dan_pengelolaan_produ.html?id=Pj2tzgEACAAJ&redir_esc=y
- Raymond, Nurmansyah, Siregar, D. L., Ramadhania, Chandra, F., Wahyono, D., Litualy, J. W., Arman, Z., Erita, Fretes, A. V. C. De, Awa, Herlina, & Lusono, A. (n.d.). Etika Bisnis (R. Desiyanti (ed.)). Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id=0e38EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
- Richard, W., & Lynn H, T. (n.d.). Pengantar teori komunikasi (A. Susila & D. E. Irawan (eds.)). Salmeba Humanika. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1194012
- Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
- Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 02(01), 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
- Wahyuni, L., & Cheisviyanny, C. (2023). Analisis Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) Saat Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 5(3), 1065–1083. https://doi.org/10.24036/jea.v5i3.794