Main Article Content
Abstract
Pariwisata Madura membutuhkan sentuhan komunikasi digital agar bisa menjangkau khalayak luas. Melalui video dokumenter yang bisa diunggah diberbagai platform media, destinasi pariwisata Madura akan lebih menarik dan lebih mudah menjangkau khalayak luas. Melalui penguatan dan tautan cerita rakyat maka sebuah video dokumenter wisata tidak hanya mengandung isi geofisik, tetapi juga punya konteks latar cerita sebagai sebuah kisah. Promosi destinasi wisata seperti ini akan menjadi lebih soft karena tidak semata-mata mempromosikan destinasi wisata fisik, tetapi juga ada cerita latarnya. Penelitian ini menggunakan paradigm riset aksi dengan pendekatan riset partisipatory-action. Riset aksi menggunakan studi kasus yang merupakan sebuah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Riset ini juga menjadi riset pengembangan dan akan menghasilkan pengembangan produksi media dengan muatan kreativitas baru. Hasil riset ini menunjukkan bahwa promosi wisata melalui video documenter pada saat ini kian diminati khalayak. Video wisata dengan soft promotion seperti perjalanan (jurney) dengan cerita rakyat akan lebih menarik karena mengandung kisah dan cerita. Platform media yang banyak diakses khalayak untuk melihat video documenter adalah media sosial. Adapun sentuhan kreativitas dalam produksi video dokumenter adalah melalui penguatan cerita rakyat (folklore) yang berkembang di daerah wisata tersebut kemudian dijadikan sebagai penguat storytelling dalam journey and travel video dokumenter tersebut.
Article Details
References
- Hamad, Ibnu (2006), Riset Aksi : Mencetak Agen Perubahan, Jurnal Penelitian ilmu Komunikasi Thesis. Volume V/No.2 Mei – Agustus 2006. Departemen llmu Komunikasi Fakultas Ilmu SOsial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
- Nurul, Iqbal Azhar, Surokim (2018) Madura 2030: Ilmu Sosial Progresif untuk Madura, Intelegensia Media, Malang
- Nurul, Iqbal Azhar, Surokim (2019) Madura 2040: Masalah dan Strategi Pengembangan Wisata Madura, Intelegensia Media, Malang
- Rosi, Fandi S.E, Surokim (2020) Madura 2050: Membangun Madura Integratif, Intelegensia Media, Malang
- Rosi, Fandi S.E, Surokim (2021) Madura 2055: Pariwisata, Wisata Halal, dan Wisata Syariah, Inara Publisher, Malang
- Syarif, Muh (2022) Manajemen dan Pemasaran Kawasan Madura, Literasi Nusantara, Malang
- Raihan Amalia Yasmin (2021) Apa itu Computer Mediated Communication? Dalam https://binus.ac.id/malang/2020/08/apa-itu-computer-mediated-communication/ diakses 29 Oktober 2023
- Surokim, (2021) Metodologi Riset Komunikasi, Progresif, Lamongan
- Internet
- Anonimous (2022) teknik dasar videograpi dalam https://ca.binus.ac.id/2022/12/19/teknik-teknik-dasar-videografi/ diakses pada tanggal 9 Mei 2023
- Anonimous (2021) https://eps-production.com/8-jenis-video-storytelling-untuk-membantu-bisnis-anda-semakin-dikenal Diakses pada 10 Mei 2023
- Dwi E, Agung (2021) Kekuatan storytelling dalam: https://money.kompas.com/read/2021/04/24/084000926/kekuatan-storytelling?lgn_method=google. Diakses pada 10 Mei 2023