Main Article Content

Abstract

Pertumbuhan pesat pengguna media sosial menyebabkan munculnya akun buzzer. Diantara dampaknya adalah hadirnya para penggiat akun instagram, terkhusus tentang kuliner. Adanya informasi kuliner bercampur dengan praktik bisnis dalam konten iklan di akun instagram @Jogjafoodhunter seakan membuat komoditas baru yang layak dijual. Hal tersebut menimbulkan konsekuensi baru dengan adanya pergeseran esensi informasi kuliner untuk menggeser perannya sebagai wadah bisnis bagi pemilik akun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi konten dan audience pada akun @Jogjafoodhunter sebagai media informasi kuliner populer. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Di akhir penelitian ditemukan bahwa unggahan di akun @Jogjafoodhunter telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi bagian dari konten untuk menarik pengikut membeli produk sekaligus menjadi orang yang konsumtif. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya proses komodifikasi konten. Selain itu terdapat komodifikasi audiens pada akun ini, yakni sebagai penambah rating akun bagi pengiklan.

Keywords

Akun Buzzer Komodifikasi Konten Media Sosial

Article Details

References

  1. Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683
  2. Dewi, S. H. (2017). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO YANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO.
  3. Nanda, M. D. (2018). International Journal of Advanced Research and Publications The Analysis Of Instagram Buzzer Accounts For Maximizing Promotional Activity. International Journal of Advanced Research and Publications, 2(3). Retrieved from www.ijarp.org
  4. Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta:Kencana.
  5. Norhabiba, F., & Ragil Putri, S. A. (2018). Hubungan Intensitas Akses Media Baru Dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar Pada Mahasiswa Untag Surabaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 8. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15
  6. Nuswantoro, A. R. (2015). Konservasi Media: Memori Kultural pada Media-Media Lama. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 11(2), 111–120. https://doi.org/10.24002/jik.v11i2.412
  7. McQuarrie, E. F. & Phillips, B. J. (2005). Indirect persuasion in advertising: How consumers process metaphors presented in pictures and words. Journal of Advertising, 34 (2), 7-20.
  8. Moleong Lexy J. 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication. Sage Publications
  10. Mulyana, D. (2007). Edisi Revisi. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosda
  11. Pamungkas, C. (2017). Global village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 245. https://doi.org/10.20473/jgs.9.2.2015.245-261
  12. Perdana, D. D. (2017). Komodifikasi dalam Tayangan Televisi (Kajian Terhadap Program Indonesian Idol 2014). Jurnal Professional FIS UNIVED, 4(1), 12–21
  13. Santoso, A., Baihaqi, I., & F. Persada, S. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50–54. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i1.21864
  14. Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin.(2011). Metodologi Penelitian. Bandung
  15. Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018). KOMODIFIKASI, SPASIALISASI, DAN STRUKTURASI DALAM MEDIA BARU DI INDONESIA (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry, (September), 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1297
  16. Surahman, S., Annisarizki, A., & Rully, R. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram @salman_al_jugjawy. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 15. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1208