Main Article Content

Abstract

Pandemi COVID-19 menuntut kebijakan dari pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus di wilayahnya. Kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Surabaya memengaruhi pola aktivitas individu dan sistem transportasi yang ada. Studi ini merupakan kajian pustaka mengenai respon Suroboyo Bus sebagai salah satu angkutan umum di Kota Surabaya terhadap stimuli berupa pandemi COVID-19. Suroboyo Bus mengalami penurunan pengguna hampir 70% pada April 2020 jika dibandingkan dengan Januari 2020. Kebersihan Suroboyo Bus dijaga dengan penyemprotan disinfektan pada terminal, unit bus dan halte. Petugas memberlakukan pengecekkan suhu penumpang, pemberian handsanitizer, kewajiban penggunaan masker. Pada masa pandemi Suroboyo Bus meluncurkan fitur membership dengan pemberlakuan scan QR code yang mengakomodasi e-ticketing  dan menawarkan hadiah poin perjalanan dapat ditukarkan dengan kupon pada pusat oleh-oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Surabaya. Penerapan respon di lapangan masih belum sesuai dengan informasi yang disampaikan pada Instagram Suroboyo Bus. Inovasi dengan memanfaatkan teknologi aplikasi GoBis menyertai Suroboyo Bus perlu disesuaikan dengan kebutuhan utama masyarakat di masa pandemi COVID-19. Penelitian evaluasi terhadap efektivitas keseluruhan respon yang sudah dioperasionalkan perlu untuk dilakukan, sehingga Suroboyo Bus dapat terus menyesuikan diri untuk mengembangkan ketahanan sistem transportasi umum.

Keywords

Pandemi Covid-19 Suroboyo Bus Stimulus-Respon Ketahanan Transportasi Umum

Article Details

References

  1. Arellana, J., Márquez, L., & Cantillo, V. (2020). COVID-19 outbreak in Colombia: an analysis of its impacts on transport systems. Journal of Advanced Transportation, 2020.
  2. Awad-Núñez, S., Julio, R., Gomez, J., Moya-Gómez, B., & González, J. S. (2021). Post-COVID-19 travel behaviour patterns: impact on the willingness to pay of users of public transport and shared mobility services in Spain. European Transport Research Review, 13(1), 1–18.
  3. Basu, R., & Ferreira, J. (2021). Sustainable mobility in auto-dominated Metro Boston: Challenges and opportunities post-COVID-19. Transport Policy.
  4. Bucsky, P. (2020). Modal share changes due to COVID-19: The case of Budapest. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 8, 100141.
  5. Dai, J., Liu, Z., & Li, R. (2021). Improving the subway attraction for the post-COVID-19 era: The role of fare-free public transport policy. Transport Policy, 103, 21–30.
  6. de Haas, M., Faber, R., & Hamersma, M. (2020). How COVID-19 and the Dutch ‘intelligent lockdown’change activities, work and travel behaviour: Evidence from longitudinal data in the Netherlands. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 6, 100150.
  7. De Vos, J. (2020). The effect of COVID-19 and subsequent social distancing on travel behavior. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 5, 100121.
  8. Hadjidemetriou, G. M., Sasidharan, M., Kouyialis, G., & Parlikad, A. K. (2020). The impact of government measures and human mobility trend on COVID-19 related deaths in the UK. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 6, 100167.
  9. Humas Surabaya. (2020). Perpanjang Masa Belajar di Rumah, Pemkot Surabaya Bakal Sterilkan Semua Sekolah. https://humas.surabaya.go.id/2020/03/21/perpanjang-masa-belajar-di-rumah-pemkot-surabaya-bakal-sterilkan-semua-sekolah/
  10. Jawapos. (2020). PSBB Surabaya Berlaku, Angkutan AKDP di Jatim Dilarang Jalan. https://www.jawapos.com/surabaya/28/04/2020/psbb-surabaya-berlaku-angkutan-akdp-di-jatim-dilarang-jalan/
  11. Kementerian Kesehatan. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020.
  12. Kompas. (2020). Antisipasi Covid-19, Fasilitas Publik di Surabaya Dilengkapi Alat Pengukur Suhu Tubuh. https://regional.kompas.com/read/2020/03/10/15581161/antisipasi-covid-19-fasilitas-publik-di-surabaya-dilengkapi-alat-pengukur?page=all
  13. Liu, H., Bai, X., Shen, H., Pang, X., Liang, Z., & Liu, Y. (2020). Synchronized travel restrictions across cities can be effective in COVID-19 control. MedRxiv.
  14. Munawar, H. S., Khan, S. I., Qadir, Z., Kouzani, A. Z., & Mahmud, M. A. (2021). Insight into the Impact of COVID-19 on Australian Transportation Sector: An Economic and Community-Based Perspective. Sustainability, 13(3), 1276.
  15. Pemerintah Kota Surabaya. (2020). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Di Kota Surabaya .
  16. Republika. (2020). Antisipasi Corona, Pemkot Surabaya Tiadakan Sementara CFD. https://www.republika.co.id/berita/q74m1f328/antisipasi-corona-pemkot-surabaya-tiadakan-sementara-cfd
  17. Suarajatim. (2020). Bus AKDP dan AKAP Stop Beroperasi Selama PSBB Surabaya, Angkot Masih Jalan. https://jatim.suara.com/read/2020/04/28/111851/bus-akdp-dan-akap-stop-beroperasi-selama-psbb-surabaya-angkot-masih-jalan
  18. Tempo. (2018). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Luncurkan Suroboyo Bus. https://nasional.tempo.co/read/1077209/wali-kota-surabaya-tri-rismaharini-luncurkan-suroboyo-bus
  19. Tempo. (2020). Resmi PSBB, Bus AKAP dari Surabaya Berhenti Beroperasi. https://bisnis.tempo.co/read/1336375/resmi-psbb-bus-akap-dari-surabaya-berhenti-beroperasi/full&view=ok
  20. Verma, A., Chandra, A., Allirani, H., Karthika, P. S., Vajjarapu, H., Nitwal, R. S., Khandelwal, T., Bhat, F. A., Thomas, M. M., & Mayakuntla, S. K. (2020). The Curious Case of Transportation Systems in a Post COVID-19 World: A Summary of Impacts, Strategic Interventions, and Possible Policy Implications.
  21. WHO. (2020a). Coronavirus.
  22. WHO. (2020b). Responding to community spread of COVID-19: interim guidance, 7 March 2020. World Health Organization.