Main Article Content

Abstract

Uses and Gratifications Theory biasa digunakan untuk meneliti media massa. Perkembangan sosial media yang cepat berbanding lurus dengan kemajuan teknologi komunikasi, di mana kemudahan mengakses sosial media menjadi lebih mudah. Pandemi berefek pada berbagai perubahan baik itu sosial, ekonomi dan dalam hal beribadah. Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi keagamaan tidak hanya sebagai amal usaha, tetapi memiliki tujuan utamanya sebagai edukasi beribadah sesuai tarjih, berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survei dalam teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan responden mengenal dan mengakui kredibilitas TV MU dalam memberikan literasi ibadah di era pandemi. Tetapi hal ini, tidak membuat responden mengikuti semua kontennya, hanya konten tertentu yang mereka akses.

Keywords

Sosial Media Literasi Ibadah Teori Uses dan Gratifikasi

Article Details

References

  1. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  2. Griffin, Em., Andrew Ledbetter and Glen Sparks (2019). A Frist Look At Communication Theory, Tenth Edition. McGraw-Hill education: USA
  3. Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
  4. Littejohn, Stephen W., Foss, Karen A and Oetzel, Jhon G (2017). Theory Of Human Communications, Eleventh Edition. Waveland Press.Inc. USA.
  5. Littlejhon, Stephen W., Foss., Karen A. (2011) Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
  6. Rahmawan, Detta. Jimi N Mahameraji & Preciosa Alnashava, J. Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda. EDULIB, Journal Of Library and Information Science, vol 8 No. 1 (2018)(85-86). Retrived from https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/11267/PDF
  7. West, Richard Turner., Lynn H. (2010). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanik.
  8. Wirga, Ebans W. Analisis Konten Pada Media Sosial video Youtube Untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Ejournal Gunadarma vol. 21, No. 1 (2016) (15). Retrived from https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/infokom/article/view/1716