Main Article Content

Abstract

Fashion blogger dengan memanfaatkan blog yang merupakan platform dari media baru dapat mempublikasikan beragam informasi mengenai mode dengan cepat tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini tentunya akan membuat khalayak dapat dengan mudah mengakses informasi seputar dunia fashion terbaru yang mereka inginkan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan metode analisis studi kasus. Hasil wawancara dengan para informan, hasil observasi dan dokumen pendukung yang ditemukan di lapangan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan teori gatekeeping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Han Chandra selaku fashion blogger melakukan proses gatekeeping dalam menentukan artikel yang akan dipublikasikan di fashion blog pribadi miliknya. Kegiatan gatekeeping dilakukan oleh Han Chandra dengan menyaring berbagai informasi yang ia temukan. Misalnya saja seperti fashion trend, inspirasi dari lingkungan sekitar, produk fashion terbaru, maupun fashion brand yang menjalin kerjasama dengannya. Penelitian ini juga menemukan bahwa fashion blogger tidak hanya memberikan referensi fashion bagi pembacanya, tetapi juga mampu membentuk preferensi pembaca terhadap fashion pria.

Keywords

Fashion Blogger Teori Gatekeeping Preferensi Fashion

Article Details

References

  1. Burton, G. (2008). Yang Tersembunyi di Balik Media: Pengantar Kepada Kajian Media. Yogyakarta: Jalasuna.
  2. Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.
  3. Hauge, T. (2010). FASHION BLOGS - A study on how consumers‘ attitude to fashion is influenced through fashion blog usage.
  4. Laurell, C. (2014). Commercializing Social Media: A Study of Fashion (Blogo)Spheres. Stockholm: Stockholm University School of Business.
  5. Mortara, A., & Roberti, G. ( 2017). The Spread Fashion: an Explorative Research of Italian Fashion Blog. Italian Sociological Review, 87-104.
  6. Rocamora, A. (2011). Personal Fashion Blogs: Screens and Mirrors in Digital Self-portraits. Fashion Theory, 407–424.
  7. Rusbridger, A. (2018, September 25). News. Retrieved from The Guardian: https://www.theguardian.com/media/2010/jan/25/cudlipp-lecture-alan- rusbridger
  8. Shabir, G., Safdar, G., Imran, M., Mumtaz, A., & Anjum, A. (2015). Process of Gate Keeping in Media: From Old Trend to New. Mediterranean Journal of Social Sciences, 588-593.
  9. Shoemaker, P. J., & Reese, D. S. (1996). Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media. USA: Longman.
  10. Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. Los Angeles: Sage.
  11. Zhang, C. (2010). Fashion Blogs: The New Member in Fashion Industry. Journal of Digital Research & Publishing, 153-160.