Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan metode baru dalam transaksi listrik yaitu produk instalasi listrik prabayar (listrik pintar) yang menjanjikan banyak kemudahan bagi para pelanggan dengan menggunakan listrik sesuai dengan nominal yang telah dibeli. Divisi humas menggunakan berbagai kombinasi kegiatan komunikasi pemasaran terpadu untuk membantu meningkatkan minat pelanggan listrik pascabayar melakukan migrasi listrik prabayar di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan responden sebanyak 400 responden di wilayah Semarang yang sebelumnya dipilih menggunakan metode pengambilan sampel area (cluster) sampel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keempat variabel dengan minat migrasi listrik prabayar. Variabel yang memiliki koefisien standardisasi terbesar adalah variabel komunikasi periklanan (advertising) dengan nilai 0.353 atau sebesar 35.3%. Implikasi yang ditimbulkan dalam penelitian ini yaitu dengan penggunaan konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu (integrated marketing communication), konsep AIDA (Attention, interest, Desire dan Action), teori komunikasi difusi inovasi, teori komunikasi organisasi hubungan sosial terbukti relevan dengan hasil penelitian ini.

Keywords

Komunikasi Pemasaran Terpadu Listrik Prabayar Minat Migrasi Listrik

Article Details

References

  1. Abdullah, Ma’ruf. (2017). Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  2. Arrens, William F. (2014). Contemporary Advertising and Integrated Marketing Communications. 13rd editions. Content Technologies Inc.
  3. Belch, George. E & Michael A. Belch. (2003). Advertising and promotion; An integrated marketing communication perspective. Sixth edition. The Mcgraw – Hill Companies.
  4. Carver, Rebecca B. (2014). “Public communication from research institutes: is it science communication or public relations?”. Journal of science communication. Volume 13. Issue 02
  5. Heath, Robert L., & W. Timothy Coombs. (2006). Today’s Public Relations; An Introduction. California : Sage Publications
  6. Johnston, Jane. (2016). Public Relations and the Public Interest. New York: Routledge, Taylor & Francis Group. An Informa Business
  7. Kotler, Philip. & Joanne Scheff. (1997). Standing Room Only; Strategies for Marketing the Performing Arts. Massachusetts : Harvard business school
  8. Petrescu, Maria. (2014). Viral Marketing and Social Network. Bussines Expert Press.
  9. Pisit, Potjanajaruwit. (2014). “Integrated Marketing Communications to Influencing International Standard Energy Economy Car Buying Decision of Consumer in Bangkok”. International Journal of Social, Education, Economics and Management Engineering Vol:8, No. 6
  10. Shimp, Terence A., and J. Craig Andrews. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communication. Ninth Edition. South Western Cengage Learning.