Main Article Content

Abstract

Mata najwa adalah sebuah program televisi berupa talkshow yang menyajikan perbicangan dengan tokoh-tokoh politik ternama terkait dengan isu politik yang sedang hangat diperbicangakan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara program acara mata najwa dan kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik generasi z. Pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil dalam penelitian ini yaitu pada uji t didapatkan variable terpaan progam acara mata najwa terhadap minat berpolitik memperoleh nilai t hitung > t table (2,976 > 1,661) dengan nilai signifikansi (0,004) < (0,05) artinya terdapat pengaruh parsial antara terpaan program acara mata najwa dengan minat berpolitik, kemudian uji t pada variable kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik diperoleh nilai t hitung > t table (6,218 > 1,661) dengan signifikansi (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh parsial antara kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik. Pada uji F diperoleh nilai F hitung > F table (49,979 > 3,09) artinya terpaan program acara mata najwa dan kredibilitas sumber secara simultan mempengaruhi minat berpolitik. Dengan hasil penelitian diperoleh R square 0,515 artinya 51,5% minat berpolitik dipengaruhi terpaan program acara mata najwa dan kredibilitas sumber, sedangkan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh varibel lain di luar penelitian.

Keywords

Mata Najwa Terpaan Program Kredibilitas Sumber Minat Berpolitik

Article Details

References

  1. Anugrah, Dea (2017). Masa Depan Di Tangan Generasi Z. Jakarta: Tirto.id
  2. Ardianto, E. &. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Bungin, Burhan (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press
  4. Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Kencana prenada media group
  5. Putra, H. A. (2016). Pengaruh Program Mata Najwa terhadap Kepuasan Penonoton.
  6. Effendy, Onong Uchjana. (1993). Ilmu,Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
  7. Effendy,Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  8. Rafi, M., & Syam, H. M. (2019). Efektivitas Kampanye Partai Solidaritas Indonesia Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Kaum Muda Berpolitik”(Studi Pada Pengurus Partai Solidaritas Indonesia DPD Banda Aceh)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(4).
  9. Rakhmat, Jalaludin (2003). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  10. Samatan, Nuryati. 2018. Riset Komunikasi II. Jakarta: Gunadarma
  11. Saleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Prespektif Islam). Jakarta: Kencana
  12. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
  13. Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta