Main Article Content

Abstract

Teknologi memberikan dampak yang signifikan dalam aspek informasi dan komunikasi. Media sosial instagram merupakan salah satu produk dari perkembangan media baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lembaga, maupun organisasi masyarakat, guna untuk menjangkau masyarakat secara luas. MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) memanfaatkan media sosial melalui akun instagram @mdmc.magelang untuk memberikan informasi mengenai kebencanaan dan kegiatan yang dilakukan oleh MDMC Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis konten sebagai alat untuk menganalisa isi di dalam akun tersebut. Pengelolaan media sosial instagram yang dilakukan oleh MDMC Kabupaten Magelang cukup efektif dalam menjangkau masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Magelang. Namun, pemanfaatan instagram sebagai media kampanye akun @mdmc.magelang, respon followers akun MDMC terhadap informasi kebencanaan dalam bentuk pesan kurang informatif dan kurang aktual.

Keywords

Akun Instagram Komunikasi Bencana Media Informasi

Article Details

References

  1. A. Arora, S. B. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter, and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 86-101.
  2. Adhrianti, L. (2016). Digitalisasi Public Relations bagi Penguatan Citra Pemerintah Daerah. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi , 115-125.
  3. Barelson, B. (1952). Content Analysis in Communication Research. New York: Free Press.
  4. Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  5. Kotler, P., & Keller,K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
  6. Kramer, R. K. (2016). The Changing Media Environment and its Impact on Socialization Processes in families. Studies in Communination Sciences, 16(1), 21-27.
  7. Rumata, V. M. (2017). Analisis Isi Kualitatif Twitter "taxamnesty" dan "amnestipajak". Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 1-18.
  8. Watie, E. D. (2017). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2).