Main Article Content

Abstract

Mitigasi bencana tsunami bagi masyarakat sangatlah penting dalam upaya mengurangi risikobencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Sangat disayangkan tidak semua masyarakat di daerah rawan bencana sadar, peduli, dan paham akan pentingnya edukasi tentang mitigasi bencana.Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memberikan deskripsi tentang upaya "pentingnya edukasi tentang mitigasi bencana bagi masyarakat di daerah rawan tsunami". Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data primer studi pustaka di sumber literatur media online. Hasil penelitian ini mencakup deskripsi tentang (1) bencana tsunami dan dampaknya bagi masyarakat, (2) kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam merespon tsunami, dan, (3) pentingnya edukasi tentang mitigasi bencana sebagai bahan untuk menambah pengetahuan masyarakat.


 

Keywords

Komunikasi Bencana Mitigasi Bencana Bencana Tsunami

Article Details

References

  1. Dewi, R. S. (2019). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 68-77.
  2. Jateng,D.E.(n.d.).Retrieved Juni 7,2021,from https://esdm.jatengprov.go.id/download/Tsunami.pdf
  3. Nais Wulandari, R. V. (2017). Studi Literatur Pembelajaran Kimia. Seminar Nasional Teknologi Informasi,Komunikasi dan Industri, 711-712.
  4. Nandhini Hudha Anggarasari, R. S. (2019, Mei). MITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA DINI.Jurnal Pendidikan, 3,2.
  5. Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(1), 68-79.
  6. PP No. 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.