Main Article Content

Abstract

Proses representasi sangat erat kaitannya dengan identitas, karena seseorang mendapatkan identitas ketika eksistensinya dimaknai oleh orang lain. Dengan latar belakang bahwa penelitian ini berusaha mengkaji tentang tanda terkait iklan Pond’s Bright Beauty Triple Glow Serum versi Wendy Red Velvet tahun 2021. Terdapat pandangan baru atas identitas kecantikan perempuan Indonesia yang mengikuti standar kecantikan karakteristik perempuan Korea. Metode semiotika yang dipilih adalah semiotika Roland Barthes yang dikembangkan dari pemikiran Ferdinand de Saussure. Hasil yang diperoleh bahwa, identitas kecantikan yang digambarkan dalam iklan tersebut adalah memiliki kulit putih, wajah mulus dan cantik berseri. Hal ini selaras dengan stereotip yang beredar dalam masyarakat Indonesia bahwa seorang perempuan ideal digambarkan dengan memiliki kulit putih, wajah mulus dan cantik berseri seperti perempuan Korea.

Keywords

Iklan Ponds Stereotip Perempuan Analisis Semiotika

Article Details

References

  1. Arsitowati, W. H. (2018). Kecantikan wanita korea sebagai konsep kecantikan ideal dalam iklan new pond’s white beauty: what our brand ambassadors are saying. HUMANIKA, 24(2), 84-97.
  2. Curran, J., & Morley, D. (2006). Media and Cultural Theory. Routledge.
  3. Danise, M. (2009). Dictionary of Media and Communications. M.E. Sharpe.
  4. Fella, S., & Sair, A. (2021). “Menjadi Korea”: Melihat Cara, Bentuk dan Makna Budaya Pop Karea Bagi Remaja di Surabaya. Journal of Urban Sociology, 3(2), 7-19.
  5. Giles, J., & Middleton, T. (2008). Studying culture: a practical introduction. John Wiley & Sons.
  6. Hall, S. (1997). The spectacle of the other. Representation: Cultural representations and signifying practices, 7.
  7. Hartley, J. (2003). A short history of cultural studies. A Short History of Cultural Studies, 1–189. https://doi.org/10.4135/9781446216934
  8. Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. Key Themes in Media Theory, 1–29.
  9. Mondong, T. (2011). Representasi Perempuan dalam Iklan Pond’s. Inovasi, 8, 113–130.
  10. Morley, D. (1992). Television, Audiences and Cultural Studies. In Television, Audiences and Cultural Studies. Routledge.
  11. O'sullivan, T., Hartley, J., Saunders, D., Montgomery, M., & Fiske, J. (1994). Key concepts in communication and cultural studies.
  12. Rimbardi, A. N. R., Ramadhani, L. R., & Wicaksono, F. B. (2021). Representasi Wajah Perempuan Ideal dalam Iklan Garnier Edisi ‘Wajah Bersih tanpa Jerawat.’ Jurnal Audiens, 3(2), 22–32. https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11906
  13. Triharto, P. (2015). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka, 2(2004), 6-25.
  14. Sari, W. P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 7(2), 198-206.
  15. Stryker, S. (1987). Identity theory: Developments and extensions. In K. Yardley & T. Honess (Eds.), Self and identity: Psychosocial perspectives (pp. 89–103). John Wiley & Sons.