Main Article Content

Abstract

Podcast Firasat Wirang Kilat Tv merupakan program acara yang sedang populer di masyarakat luas khususnya para penonton Youtube saat ini. Dengan menghadirkan program acara yang diisi oleh seorang entertainment sekaligus paranormal tersebut berisikan pembahasan mengenai politik dan ramalan. Penelitian ini dilakukan untuk meninjau produksi, pemasaran, serta validasi sosial dalam kerangka manajemen media, terutama media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi. Pada penelitian ini menghasilkan bahwa Podcast Firasat Wirang Kilat TV dalam melakukan proses produksi dan pemasaran program harus melawati beberapa tahapan, sehingga program tersebut mampu menghasilkan proses yang sesuai, efektif, dan efisien. Dalam artikel ini menjelaskan terdapat beberapa tahapan yang di lewati Podcast Firasat Wirang Kilat TV di masa pandemi Covid-19 ini untuk terus berkembang dan mengupayakan agar grafik tetap stabil. Untuk itu Kilat TV harus terus melakukan dan menciptakan inovasi baru, seperti menghasilkan plan program baru dengan beragam variasi yang menarik. Selain itu, Kilat TV juga memanfaatkan berbagai macam media sosialnya untuk melakukan pemasaran program yang mereka jalankan kepada masyarakat luas.

Keywords

Media dalam Covid-19 Produksi Podcast Manajemen Penyiaran

Article Details

References

  1. Cin, S., Savitri, L., & Utami, S. (2020). Su Cin, Lusia Savitri Setyo Utami: Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast.
  2. Lingga, G., Kusuma, A., Sekolah, P., & Desain Bali, T. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 259265. https://cashbac.com
  3. Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 1. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895
  4. Radika, M. I., & Sri Dewi Setiawati. (2020). Strategi Komunikasi PODCAST dalam Mempertahankan Pendengar (Studi kasus Dalam Podcast Do You See What I See ) Podcast Communication Strategy In Maintaining Hears ( Study In Podcast Do You See What I See ). Jurnal Ilmu Komunikasi, III(Ii), 96–106.
  5. Silalahi, G. S. H., Luik, J., & Aritonang, A. I. (2021). Konten Klarifikasi Dalam Podcast Deddy Corbuzier. E-Komunikasi, 9(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11542
  6. Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga: Jurnal of Communication, 2(1), 14–34.
  7. Yin, R. K., & Djauzi Mudzakir, M. (2008). Studi kasus : desain & metode / Robert K. Yin ; penerjemah, M. Djauzi Mudzakir. RajaGrafindo Perkasa.
  8. Zellatifanny, C. M. (2020). Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 117. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050202
  9. Dubber. (2013). Radio in the Digital Age. Polity press.
  10. Geller, V. (2011). Beyond Powerfull Radio. Elsevier.
  11. Geoghegan, Michael W., Klass, D. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. Friendsof.
  12. Given, L. M. (2008). The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Volume 1 & 2 (p. 886). Singapore: A SAGE Reference Publication.
  13. Prayudha, H. (2005). Radio: Suatu Pengantar untuk Wacana dan Praktik Penyiaran. Bayumedia.