Main Article Content

Abstract

Representasi perempuan yang ideal menjadi bagian penting dalam iklan. Hal ini diperkuat dengan adanya media sebagai ruang beriklan yang mana memiliki kekuatan besar dalam menyuburkan representasi ini. Tidak sedikit perempuan mulai mengubah penampilan dirinya agar sesuai dengan citra seorang perempuan yang ideal. Namun, seiring berkembangnya waktu, ranah iklan mulai mengalami perubahan, khususnya dalam memandang perempuan. Saat ini, iklan mulai berani mengubah persepsi mengenai representasi seorang perempuan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perlawanan terhadap representasi perempuan ideal dalam iklan Adidas Edisi Find Your Right Fit. Tinjauan teoritis dalam penelitian ini meliputi periklanan, representasi, media dan standar kecantikan, dan norma. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika Roland Barthes dengan cara menganalisis setiap adegan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini tidak menampilkan konstruksi iklan pada umumnya. Iklan ini menampilkan beberapa model perempuan yang berbeda dan tidak menunjukkan representasi mengenai perempuan yang ideal.

Keywords

Iklan Adidas Representasi Perempuan Standar Kecantikan

Article Details

References

  1. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia.
  2. Hartley, J. (2003). A short history of cultural studies. A Short History of Cultural Studies, 1–189. https://doi.org/10.4135/9781446216934
  3. Hulda Grace Worotitjan, Prodi Ilmu Komunikasi, and Universitas Kristen Petra. 2011. “Kosmetik Wardah.”
  4. Is, Muhammad Sadi. 2017. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Kencana.
  5. Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. Key Themes in Media Theory, 1–29.
  6. Natha, G. (2017). Representasi Stereotipe Perempuan dan Budaya Patriarki dalam Video Klip Meghan Trainor "All About That Bass". Jurnal E-Komunikasi, 1-9.
  7. Nurhayati, Yati. 2020. Pengantar Ilmu Hukum. Bandung: Nusa Media.
  8. Oswell, David. 2006. Culture and Society. London: SAGE Publicantions Ltd.
  9. Putri, Salsabila Aulia, Arinda Novitasari, and Hasna Arsita Khoirunnisa. 2021. “Representasi Tubuh Ideal Perempuan Dalam Iklan Thermolyte Plus.” Jurnal Audiens 2(2):154–65. doi: 10.18196/jas.v2i2.11627.
  10. Rizkiyah, Iin, and Nurliana Cipta Apsari. 2020. “Strategi Coping Perempuan Terhadap Standarisasi Cantik Di Masyarakat.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 18(2):133. doi: 10.24014/marwah.v18i2.7371.
  11. Ruman, Yustinus Suhardi. 2009. “Keteraturan-Sosial-Norma-Dan-Hukum-Perspektif Sosiologis.” Prioris 2(2):106–16.
  12. Sukisman, J. M., & Utami, L. S. (2021). Perlawanan Stigma Warna Kulit terhadap Standar Kecantikan Perempuan Melalui Iklan. Jurnal Koneksi, 67-75.
  13. Taylor, J. V. (2014). The body image workbook for teens: Activities to help girls develop a healthy body image in an image-obsessed world. New Harbinger Publications.
  14. Webb, J. (2008). Understanding representation. Understanding Representation, 1-176.
  15. Wijaya, P. M. (2013). Representasi Perempuan Pada Iklan Televisi Dancow Calcium Plus Versi More Than A Woman (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
  16. Williams, K. (2003). Understanding media theory. Oxford University Press.
  17. Winarni, R. W. (2010). Representasi kecantikan perempuan dalam iklan. Deiksis, 2(02), 134-152.