Main Article Content

Abstract

Potensi wisata yang berkembang saat ini adalah wisata religi atau yang biasa disebut dengan ziarah. Wisata religi merupakan kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, kepuasan serta pengetahuan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui stategi promosi dan spiritual marketing yang digunakan pengelola wisata religi Makam Aulia Gunungpring serta sebagai pariwisata berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Makam Aulia Gunungpring telah melaksanakan konsep spiritual marketing akan tetapi sudah secara baik. Namun, makam Aulia Gunungpring belum menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial guna mendukung kegiatan spiritual marketing. Konsep spiritual marketing menjadi strategi pemasaran pariwisata Gunungpring yang religius dan sarat dengan nuansa budaya. Konsep spiritual marketing memiliki orientasi kepada Allah, sehingga seluruh proses dalam kegiatan pemasaran mengikuti tuntunan Islam.

Keywords

Strategi Promosi Pemasaran Spiritual Wisata Religi

Article Details

References

  1. Aulia, N. (2020). Objek Wisata Religi Makam Sulthan Malikussaleh dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Pedagang. Journal Of Islamic Accounting Research, 2, 36–44.
  2. Azhar, A. (2021). Pengembangan Potensi Pariwisata Religi (Studi Kasus Pada Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Di Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indagiri Hilir). International Journal of Indragiri, 1.
  3. Borobudur, N. (2019). Daftar Empat Makam Ulama Besar di Magelang yang Ramai. In BorobudurNews.com.
  4. Dewi, S. K. (2017). Trend Wisata Umrah: Antara Meneladani Sunnah Dan Turisme Spiritual. Empirisma, 26(2), 191–206. https://doi.org/10.30762/empirisma.v26i2.691
  5. Fahamsyah, M. H. (2020). Spiritual Marketing Gontor dalam Mempertahankan Positioning. Tsaqafah, 16(1), 147. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v16i1.4337
  6. Faidah, N. (2017). Strategi Promosi Wisata Religi di Kabupaten Wonosobo. Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  7. Kertajaya, H., & Sula, S. M. (2005). Syariah Marketing. Mizan.
  8. Kriyantono, R. (2007). Riset Komunikasi. Kencana.
  9. Noviyanti, D. (2018). Strategi Promosi Wisata Religi Makam Syekh Surgi Mufti. Jurnal Alhadharah, 17.
  10. Rahayuningsih, R. (2021). Sebulan Penuh Menginap di Makam Aulia Gunungpring. Radarsemarang.Jawapos.Com.
  11. Sukaatmadja, I. P. G., Wardana, M., Purbawangsa, I. B. A., & Rahanatha, G. B. (2017, October). Pariwisata spiritual: Berbasis event–event upacara agama Hindu. In Prosiding Seminar Nasional AIMI (pp. 27-28).
  12. Suri, R. (2014). Marketing Religious Tourism. 1(1), 26–34.
  13. Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya