Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Papaku Berkartu terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Sidomulyo 2 Kecamatan Salaman.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Desigen dengan jumlah sampel penelitian 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal Pretest dan Posttest pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas soal Pretest dan Posttest menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha sedangkan uji daya beda dan tingkat kesukaran dengan bantuan IBM SPSS for Windows versi 25.0. Teknik analisis data data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis data Shapiro Wilk dengan menggunakan program SPSS 25.0 for windows dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t Test dengan berbantuan IMB SPSS statistic 25.0. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Papaku Berkartu terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Sidomulyo 2 Kecamatan Salaman dengan hasil nilai sig 0,000 ≤ 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil soal Pretest dan Posttest menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Papaku Berkartu. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantu Media Papaku Berkartu berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Sidomulyo 2 Kecamatan Salaman

Keywords

Team Games Tournament (TGT) Media Papaku Berkartu Hasil Belajar Matematika

Article Details