Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media DISPERSAL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Mertoyudan 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Mertoyudan 3 yang berjumlah 19 yang dipilih secara sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes yang berbentuk uraian. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan statistic parametric yaitu uji Paired Sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest sebesar 83,6 yang mengalami peningkatan dibandingan dengan hasil pretest dengan nilai rata-rata 67,7. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Uji Paired Sampe t-test menunjukkan Sig. 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan secara signifikan atas hasil pretest  dan posttest dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media DISPERSAL. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media DISPERSAL (Video Animasi Permasalahan Lingkungan) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Mertoyudan 3.

Keywords

Berpikir Kritis Siswa DISPERSAL Problem Based Learning

Article Details