Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media lapbook yang layak dan bermanfaat untuk mata pelajaran IPS kelas IV dengan tema “Norma dan Adat Istiadat Daerahku” di SDN Tambakaji 05 Kota Semarang yang berbasis kearifan lokal. Model Borg and Gall, yang terdiri dari sembilan tahap-potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk akhir-digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) ini. Satu orang guru kelas dan dua puluh dua siswa kelas empat menjadi subjek penelitian. Alat pengumpul data meliputi survei kebutuhan dan jawaban untuk siswa, instruktur, dan dokumen, serta lembar validasi media dan materi oleh validator. Ahli materi mendapatkan nilai 96% dan ahli media mendapatkan nilai 77% berdasarkan perolehan hasil validasi. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian produk, dapat disimpulkan bahwa media Lapbook Berbasis Kearifan Lokal ini mudah digunakan dan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media lapbook berbasis kearifan lokal sangat praktis dan efisien.

Keywords

Media Pembelajaran Lapbook IPAS

Article Details