Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode Project Based Learning (PjBL) melalui proyek 3R (Reduce, Reuse, Recycle) terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik kelas 5 di SDN 03 Pontianak Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 63 peserta didik yang terbagi dalam kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa angket dan Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah intrumen penilaian berupa angket penilaian dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 89.4758 dan kelas eksperimen 87.8125. Uji T menghasilkan nilai signifikansi 0.868 yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan metode PjBL melalui proyek 3R tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap peduli lingkungan, karena peserta didik di kedua kelas telah memiliki kesadaran dan kepekaan yang tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah melalui kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket kelas, dan saling mengingatkan.

Keywords

PjBL 3R Sikap Peduli Lingkungan Sekolah Dasar

Article Details