Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan pada analisis kebutuhan dalam pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan Aplikasi Canva pada materi Perubahan Kenampakan Alam kelas V SD Negeri 8 Sekayu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan guru. Hasil analisis kebutuhan dari 25 guru kelas V dan 30 siswa kelas V di SD Negeri 8 Sekayu menunjukkan bahwa (92%) menganggap penting penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran dan (84%) menilai multimedia interaktif sangat efektif dalam mengajar.  Hasil analisis pada siswa menunjukkan tidak jauh dari hasil analisis pada guru, 93,3% siswa  tertarik dengan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran, Sebanyak 93,3% siswa tertarik dengan metode pembelajaran yang lebih variatif dan menyenangkan serta 90% siswa berharap adanya fitur kuis atau tes interaktif dalam multimedia pembelajaran IPA dan Sebanyak 86,6% siswa menyukai penggunaan perangkat digital untuk belajar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan aplikasi seperti Canva dapat menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.

Keywords

Pembelajaran IPAS Canva Multimedia Interaktif Analisis Kebutuhan

Article Details