Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program kelas video edukasi terhadap pembentukan karakter toleransi siswa sekolah dasar di SDN 10/IV Kota Jambi. Program ini dilaksanakan melalui pemutaran video bertema toleransi yang mencakup aspek menghargai pendapat, tidak memaksa kehendak, saling menghargai perbedaan, serta menghormati hak dan kewajiban orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, serta divalidasi dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program video edukasi berdampak positif terhadap peningkatan karakter toleransi siswa. Dari 20 siswa yang menjadi subjek, terdapat peningkatan signifikan pada indikator toleransi: menghargai pendapat (dari 1 menjadi 3 siswa), tidak memaksa kehendak (dari 2 menjadi 3 siswa), menghargai perbedaan (dari 2 menjadi 4 siswa), serta menghormati hak dan kewajiban (dari 3 menjadi 5 siswa). Temuan ini mengindikasikan bahwa media audiovisual efektif dalam memperkuat nilai-nilai moral dan sikap toleransi pada siswa sekolah dasar, sekaligus mendukung pendidikan karakter di era digital.
