Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran strategis Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) dalam pendidikan Sekolah Dasar (SD) melalui pendekatan studi pustaka. Teknologi komputer telah menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan modern, khususnya di tingkat dasar, untuk mendorong pembelajaran yang adaptif, interaktif, dan menyenangkan. Data dikumpulkan melalui studi literatur dari berbagai sumber ilmiah terpercaya dengan jumlah 17 artikel yang dipublikasikan antara tahun 2016 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBK mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran, motivasi belajar siswa, serta mendukung pengembangan karakter seperti kedisiplinan dan tanggung jawab. Berbagai model dan media PBK seperti multimedia interaktif, simulasi, augmented reality, dan game edukatif terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep serta membentuk keterampilan abad ke-21. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan seperti kesenjangan infrastruktur digital dan kompetensi guru. Temuan ini merekomendasikan perlunya penguatan pelatihan guru, penyediaan sarana digital, serta kurikulum yang mengintegrasikan teknologi secara pedagogis. Keterbatasan penelitian ini terletak pada ruang lingkup data yang hanya berasal dari sumber sekunder dan terbatas pada literatur yang tersedia secara daring, sehingga tidak mencerminkan kondisi empirik di lapangan secara langsung.
