Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Make A Match berbantuan Media Ular Tangga terhadap Keterampilan Berhitung Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Sukosari Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-eksperimental Design dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara Total Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Uji validitas tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.00. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T test dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.00.  Hasil penelitian membuktikan terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan berhitung kelas eksperimen adalah untuk pretest 72,83 dan posttest 87,00.. Selisih rata-rata nilai pretest dan posttest adalah 14,17. Data hasil hipotesis dengan Asym sig sebesar 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis menyatakan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Ular Tangga berpengaruh terhadap Keterampilan Berhitung Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Sukosari Kabupaten Magelang

Keywords

Media Ular Tangga Make A Match Keterampilan Berhitung

Article Details