Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa, hubungan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dan hubungan bimbingan orang tua dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa SDN Bandongan 3 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Subjek penelitian menggunakan metode purposive sample. Sampel yang diambil sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas V dan 32 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data prestasi belajar siswa dilakukan dengan metode dokumentasi nilai raport, sedangkan data bimbingan orang tua dan kemandirian belajar menggunakan metode angket atau kuesioner. Uji validitas instrumen angket menggu nakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS For Windows versi 22.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil uji parsial (uji t) menunjukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai t hitung 2,841 > t tabel 1,670 dengan signifikansi sebesar 0,006, sedangkan variabel kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa menunjukan hubungan negatif dan tidak signifikan yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar -1,098 < t tabel 1,670 dengan signifikansi sebesar 0,276. Hasil uji simultan (uji F) variabel bimbingan orang tua dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa terdapat hubungan positif dan signifikan yang dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung 4,274 > F tabel 3,15, dengan nilai signifikansi 0,018 < tingkat signifikansi 0,05.
Kata kunci : bimbingan orang tua, kemandirian belajar, prestasi belajar