Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara 6. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra eksperimen dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih menggunakan total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas menggunakan validitas isi yang dilakukan dengan validator berupa dosen dan guru kelas. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan bantuan SPSS Statistic for windows 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji Pired Sample T-Test   berbantuan program IBM Statistic for windows SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode outdoor learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Pired Sample T-Test   dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor yaitu 7,72 dari rata-rata pretest sebesar 73.08 dan posttest sebesar 80,8. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPS


 

Keywords

Metode pembelajajaran outdor learning Motivasi belajar

Article Details