Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Kristen 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian dipilih secara Non Random Sampling model total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kristen 2 Magelang dengan jumlah 9 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Uji validitas instrumen tes dilakukan oleh expert judgment dengan rumus pearson dan dengan bantuan IMB SPSS 20. Uji Reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha dengan bantuan IMB SPSS 20. Selain itu peneliti menggunakan uji tingkat kesukaran dan tingkat daya pembeda. Analisis data menggunakan teknik statistic non-parametic yaitu uji Wilcoxon Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai tes post-test dengan skor 79,00 yang lebih besar dibandingkan dengan hasil rata-rata nilai tes pre-test dengan skor 50,11. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Wilcoxon Test yang menunjukkan  sebesar -2,887 dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.

Keywords

Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Hasil Belajar IPS

Article Details