Main Article Content

Abstract

PT. Papertech Indonesia Unit II merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi kertas. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. Papertech Indonesia Unit II adalah tingginya frekuensi kerusakan mesin Dryer yang mengakibatkan adanya kegiatan perbaikan mesin yang menimbulkan downtime dan berhentinya proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan perawatan mesin Dryer dan meminimalkan terjadinya downtime. Metode yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance. Dalam metode ini terdapat tujuh tahapan pengolahan data, yaitu seleksi sistem dan pengumpulan informasi, penentuan batasan sistem, deskripsi sistem dan blok diagram fungsi, penentuan kegagalan sistem, analisis Failure Mode and Effect Analysis, analisis Logic Tree Analysis dan pemilihan tindakan perawatan. Hasil penelitian menunjukkan sub sistem Dryer Grup 3 mempunyai kontribusi terbesar terhadap kerusakan mesin Dryer sebesar 50%. Adapun komponen kritis yang terdapat pada sub sistem Dryer Grup 3 adalah Canvas Roll, Packing Shaft Rotary, Canvas dan Carbon. Berdasarkan hasil perencanaan perawatan dengan metode Reliability Centered Maintenance maka diperoleh rekomendasi agar semua komponen kritis termasuk dalam kategori tindakan perawatan Condition Directed. Dengan diterapkannya metode perawatan Reliability Centered Maintenance sebagai metode perawatan pada komponen kritis, maka berpotensial memberikan dampak positif, yaitu penurunan rata-rata downtime komponen kritis sebesar 23.82%, penurunan rata-rata biaya perawatan sebesar 20.36% dan peningkatan jumlah produksi sebesar 44.8 ton.

Keywords

Mesin Dryer Reliability Centered Maintenance Kertas

Article Details

References

  1. Ginting, R. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  2. Gulati, R. (2013). Maintenance and Reliability Best Practices Second Edition. New York: Industrial Press Inc.
  3. Kurniawan, F. (2013) Teknik dan Aplikasi Manajemen Perawatan Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  4. Manzini, R. (2010). Maintenance for Industrial System. London: Springer.
  5. Palit, H.C., & Sutanto, W. (2012). Perancangan RCM Untuk Mengurangi Downtime Mesin Pada Industri Manufaktur Alumunium. Surabaya: Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV.
  6. Razak, R. (2017). Usulan Perawatan Komponen Pada Unit Off-Highway Truck 793c Dengan Metode RCM. Universitas Muhammadiyah Malang.
  7. Sudrajat, A. (2011). Pedoman Praktis Manajemen Perawatan Mesin Industri. Bandung: Refika Aditama.
  8. Wijayanti, D. P. (2018). Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) pada Perencanaan Perawatan Mesin Bubut NC. Universitas Muhammadiyah Malang.