Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada siswa kelas II SD Negeri Kramat 5 Kota Magelang. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas II yang berjumlah 14 siswa. Variabel terikat dalam penelitian terdiri dari kemampuan membaca pemahaman dan variabel bebas metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition). Metode pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah: belajar mendengar, belajar berpikir dan memecahkan masalah, belajar dengan pengulangan agar lebih efektif (2) penggunaan metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas II materi dongeng binatang (fabel). Hasil peningkatan mulai dari prasiklus dengan rata-rata nilai 53 dengan yang tuntas 3 anak, sedangkan siklus I rata-rata nilai 86 dengan yang tuntas 10 anak dan siklus II rata –rata nilai 93 dengan yang tuntas 13 anak. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran melalui metode pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) di SDN Kramat 5 Kota Magelang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Kramat 5 Kota Magelang materi dongeng binatang (fabel).

Keywords

Kemampuan Membaca Pemahaman; Bahasa Indonesia; AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition)

Article Details