Main Article Content
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang berhubungan dengan pengelolaan pembelajaran. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, kompetensi pedagogik sangat penting dimiliki oleh guru agar bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Mertoyudan, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Mertoyudan, meliputi: guru mampu memahami wawasan atau landasan kependidikan dibuktikan dengan ijazah S1 PAI yang dimiliki, guru mampu memahami karakteristik peserta didik, guru mampu mengembangkan kurikulum/silabus dengan menyusun ATP, guru mampu merancang pembelajaran berupa modul ajar, guru mampu melaksanakan pembelajaran mendidik dan dialogis dengan berdialog dan memberikan kesempatan peserta didik berpendapat, guru mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran berupa LCD proyektor, guru mampu melakukan evaluasi hasil belajar dengan penilaian formatif dan sumatif, guru mampu mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. (2) Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Mertoyudan yaitu adanya kesiapan guru, sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya pelatihan dan sosialisasi, keterbatasan referensi.
