Main Article Content

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam saat ini mengalami banyak kekosongan dikarenakan belum adanya pengangkatan kembali oleh pemerintah. Banyak Sekolah Dasar yang mengalami kekosongan guru Pendidikan Agama Islam salah satunya SDN Paten 1 Magelang. Keberhasilan dalam pembelajaran tentu tidak terlepas dari strategi atau metode apa yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Paten 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas I, V dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas menggunakan strategi pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) yaitu proses pembelajaran satu arah, artinya pembelajaran hanya berpusat pada guru. Sedangkan siswa hanya sebagai objek dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga hal tersebut memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa. Dampak positifnya siswa dapat dengan mudah memahami dan menerima materi yang disampaikan oleh guru, dan pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga bertambah. Namun dampak negatifnya jika waktu pembelajaran dilaksanakan terlalu lama siswa merasa bosan dan mengantuk karena tidak ada aktifitas lain yang dilakukan selain hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru saja sehingga siswa menjadi pasif dan kurang kreatif. 2) Ada faktor penghambat dan pendukung guru kelas dalam mengajar mata pelajaran PAI, faktor penghambatnya dikarenakan siswanya yang terlalu sedikit dan fasilitas sekolah yang masih kurang memadai sehingga menyebabkan guru kelas terbatas dalam penggunaan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajarannya. Sedangkan faktor pendukungnya adalah karena proses pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi tidak terlaksana dengan baik semenjak tidak adanya guru PAI. Sehingga Kepala Sekolah memberikan kepercayaan kepada semua guru kelas bahwa semua guru kelas mampu mengajar mata pelajaran tersebut.

Keywords

Pendidikan Islam; Strategi Guru; Strategi Mengajar

Article Details

References

    Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2522
    Anwari, W. (2020). Kabupaten Magelang Usulkan Penambahan Guru Agama.
    Astuti, Arni, Pardimin, dan I. N. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Model Ene Pada Materi Bangun Datar Smp. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 134–139.
    Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
    Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17
    Gide, A. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 5–24.
    Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. jakarta: PT Bumi Aksara.
    Hasbullah. (2014). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (X). Jakarta: Raja Grafindo Rajawali.
    Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1), 17–24.
    Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027
    Kosasih, I. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Saintifika, 2(1), 43–52.
    Lubis, T. A., Matondang, A., & Rizaldi, R. (2018). Perbedaan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dinamika Partikel Di Kelas X SMA Budisatrya Medan. Journal of Physics and Science Learning, 02, 1–8.
    Milles, & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
    Muhammad, M. (2017). 242 Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar IPA Muhammad MH. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 242–251.
    Mustika, R. (2015). Media Pembelajaran Sistem Audio Untuk Pemberdayaan. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(1), 57–68.
    Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11, 9–16.
    Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 237–255. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809
    Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 11, pp. 71–79. Riau: Universitas Riau. https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099
    Sanaky, H. A. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Benteng Aksara Galang Wacana.
    Setiawan, I. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan.
    Shodiq, S. F. (2018). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
    Solihatin, E. (2012). Strategi Pembelajaran PKN. jakarta: PT Bumi Aksara.
    Su’dadah. (2014). Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.557
    Sugiharti. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(1), 7–14.
    Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
    Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 104–115.
    Susanti, R. D. (2018). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 139–154.
    Syahraini Tambak, M. A. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 13(2), 111.
    Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.
    Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023