Main Article Content
Abstract
SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang merupakan salah satu sekolah tingkat dasar unggulan di Kota Magelang, kegiatan pembiasaan di SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang yang membedakan dengan sekolah lain dan menjadi program unggulan dalan penguatan pendidikan karakter(PPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan di SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang. Dari penguatan pendidikan karakter tersebut digunakan untuk mengetahui karakter religius siswa, penguatan yang dilaksanakan serta untuk mengetahui fakor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan di SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakter religious siswa di SDN Kemirirejo 3 Kota Magelang yang dinilai sudah baik dibuktikan dengan pengamatan dan penilaian guru selama dalam pembelajaran dan diluar pembelajaran (2) Penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan yang di lakukan pada hari sabtu pagi untuk kegiatan keagamaan diakhiri dengan siswa melakukan infaq, sholat duhur berjamaah, sholat duha berjamaah, kegiatan peringatan hari besar islam seperti, zakat, kurban dan juga pesantren kilat selama Ramadhan (3) Faktor pendukung dalam kegiatan pembiasaan dibedakan menjadi dua, yaitu faktor dari dalam faktor yang berasal dari dalam sekolah dan juga faktor dari luar yaitu faktor yang berasal dari luar sekolah seperti lingkungan keluarga. Faktor penghambat dibedakan menjadi dua faktor dari dalam dari latar belakang siswa yang berbeda, kondisi minat dan bakat siswa serta dan faktor dari luar yaitu perkembangan media sosial, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azwar, S. (1998). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.
Burhanudin, J. (2006). Mencetak Muslim modern: Peta pendidikan Islam Indonesia. PT Raja Pres Grafindi Persada.
Farida, S. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Journal of Social Community, 1(1), 199. https://doi.org/10.31227/osf.io/xyz123
Hadi, S. (2000). Metodologi Research 2. Andi.
Helmawati. (2017). Pendidikan karakter sehari-hari. PT Remaja Rosdakarya.
Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Imron. (2013). Jalan panjang pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Islam, 4(1), 196–208.
Jalaluddin. (2011). Psikologi agama. Rajawali Pers.
Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Manan, S. (2017). Keteladanan akhlak mulia melalui keteladanan dan pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 54.
Marzuki. (2017). Pendidikan karakter Islam. Amzah.
Muslich, M. (2018). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Amzah.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan karakter: Pengintegrasian 18 nilai dalam mata pelajaran. Familia.
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (2017).
PKK, T. P. (2016). Panduan penilaian penguatan karakter tingkat SD dan SMP. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Prastowo, A. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan. Ar-Ruzz Media.
Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2017). Pendidikan karakter: Pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. CV Pustaka Setia.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Suwito, A. (2012). Integrasi nilai pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah melalui RPP. Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2).
Syaodi, N. (2012). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
Zubaedi. (2015). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
