Main Article Content

Abstract

Disiplin belajar merupakan proses sikap dalam pengendalian diri seseorang dengan tujuan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan efektif ditengah kegiatan yang dilaksanakan sebagai tugas dan tanggung jawab santri. Muhammadiyah Boarding School Kota Magelang sebagai lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren mendidik santri untuk belajar bertanggung jawab melaksanakan tugas dan kewajibannya melalui pembiasaan-pembiasaan. Pembiasaan ini dikenal dengan metode pembelajaran behavioristik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1). Hubungan antara amal yaumiyah dan disiplin belajar 2). Besar nilai signifikansi amal yaumiyah dengan disiplin belajar. Jenis penelitian ini penelitian survey dengan metode kuantitatif dengan menggunakan uji analisis data Korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26 for Windows. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh nilai Pearson Correlation 0,420 dan diinterpretasikan dengan nilai koefisien kekuatan hubungan berada pada nilai 0,40– 0,599 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.001. Berdasarkan hipotesis yang dipaparkan dalam penelitian ini maka hasil penelitian yang didapatkan adalah diterimanya Ha bahwa adanya hubungan pembiasaan amal yaumiyah terhadap disiplin belajar santri (Muhammadiyah Boarding School Kota Magelang) sebesar 0.420 dengan kategori sedang dan nilai signifikansi sebesar 0.001.

Keywords

Amal Yaumiyah, Belajar Santri; Disiplin Belajar

Article Details

References

    Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
    Kusuma, Z. L., & Subkhan. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171.
    Novi, I. N. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajarn. 64–74.
    Saiffudin, A. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua. Pustaka Pelajar.
    Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPPS (1st ed.). Kencana.
    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.
    Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
    Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren yang melembaga di masyaraka satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia . Awal kehadiran Boarding School bersifat tradisional untuk mendalami ilmu-ilmu agama Isl. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61–82.
    Tu’u, T. (2008a). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Grasindo.
    Tu’u, T. (2008b). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Grasindo.
    Zulfa, Eva Soraya, Asiyah, S. N. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 02(02), 94–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i02.105