Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen tahfizhul qur’an pada anak usia dini di TK Islam Tahfidzul Qur’an Al Ikhlash, dan faktor – faktor yang menjadi pendukung maupun penghambatnya. Analisis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis mengenai manajemen tahfizhul qur’an pada anak usia dini di TK Islam Tahfidzul Qur’an Al Ikhlash. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sekolah. Analisis data diawali dari pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif yang berangkat dari kejadian-kejadian umum kemudian direduksi menjadi bagian-bagian khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung manajemen tahfizhul qur’an pada anak usia dini di TK Islam Tahfidzul Qur’an Al Ikhlash yaitu memiliki manajemen pembelajaran yang baik meliputi perencanaan materi, alokasi waktu, metode, dan penilaian yang baik dan tersistem. Pengorganisasian melalui kegiatan pembagian tanggung jawab yang tersusun dalam struktur organisasi. Pelaksanaan pembelajaran yang terencana, dan evaluasi pembelajaran melalui ujian lisan dan tulis. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah keterbatasan faktor sumber daya manusia yaitu kurang seimbangnya antara jumlah pembimbing dan peserta didik yang dibimbingnya.

Keywords

Manajemen, Anak Usia Dini, Tahfidzul Qur’an

Article Details