Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi
kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan risiko terhadap penggunaan mobile banking dengan
mendasarkan pada konsep Technology Acceptance Model. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
survei dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Sampel dalam penelitian ini
yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang sebanyak 119
responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
variabel persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepercayaan, keamanan, dan resiko mampu
menjelaskan variasi penggunaan mobile banking sebesar 7,4% sedangkan sisanya merupakan faktor lain
yang tidak masuk dalam model penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh
signifi kan variabel persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, kepercayaan dan resiko terhadap
penggunaan mobile banking. Temuan empiris mengindikasikan keamanan merupakan faktor terpenting
yang memengaruhi penggunaan mobile banking.