Main Article Content

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penggunaan balanced scorecard yang meliputi atribut produk Islam dan kualitas pelayanan terhadap tingkat pertumbuhan pendapatan dan Return on Assets (ROA) Baitul Maal Wat Tamwil dengan kepuasan anggota dan loyalitas anggota sebagai variabel intervening. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kuesioner dari 180 anggota Baitul Maal Wat Tamwil yang masuk kriteria sampel dianalisis bersama dengan laporan keuangan. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kepuasan anggota hanya dipengaruhi secara langsung oleh kualitas pelayanan, (2) loyalitas anggota dipengaruhi secara langsung oleh atribut produk Islam, (3) loyalitas dipengaruhi secara langsung oleh kualitas pelayanan, (4) loyalitas dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan anggota, (5) loyalitas dipengaruhi secara tidak langsung oleh kualitas pelayanan, (5) tingkat pertumbuhan pendapatan berpengaruh langsung bersifat signifi kan negatif terhadap Return on Assets (ROA), dan (6) kualitas pelayanan berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas anggota. Studi ini memberikan bukti empiris bagi para pembuat kebijakan dan regulator BMT untuk meningkatkan atribut produk keislaman dan standar kualitas pelayanan.

Keywords

Atribut Produk Islam Kualitas Pelayanan Kepuasan Anggota Loyalitas Anggota Tingkat Pertumbuhan Pendapatan Return on Assets Baitul Maal Wat Tamwil

Article Details