Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh gender, tingkat pendidikan, usia dan kejujuran akademik terhadap hubungan antara persepsi mahasiswa dan sivitas akademika tentang pendidikan etika bisnis dengan tingkat penalaran moral keputusan etis. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu mahasiswa semester enam dan delapan, telah memperoleh matakuliah etika bisnis dan profesi. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 178 atau 91%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase pengaruh pendidikan etika bisnis terhadap tingkat penalaran moral keputusan etis sebesar 55%. Persepsi mahasiswa dan sivitas akademika tentang pendidikan etika bisnis berpengaruh positif siginifi kan terhadap tingkat penalaran moral keputusan etis. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa kejujuran akademik berpengaruh siginifi kan terhadap hubungan antara persepsi mahasiswa dan sivitas akademika tentang pendidikan etika bisnis dengan tingkat penalaran moral keputusan etis. Akan tetapi gender, tingkat pendidikan, dan usia tidak memoderasi hubungan antara persepsi mahasiswa dan sivitas akademika tentang pendidikan etika bisnis dengan tingkat penalaran moral keputusan etis.