Main Article Content

Abstract

Dusun Brontokan Desa Danurejo Kecamatan Mertoyudan Magelang termasuk wilayah yang terdampak oleh pandemin covid 19. Pandemi Covid 19 dan penyebarannya secara global telah merubah aspek - aspek kehidupan dalam semua dimensi. Situasi penyebaran virus yang cepat maka kegiatan pembelajaran langsung di sekolah harus di hentikan dan di ganti kegiatan pembelajaran daring. Dampak lain dari pandemic covid 19 adalah pada situasi keamanan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para mitra untuk mendampingi proses belajar siswa dan menambah wawasan mitra tentang pemanfaatan lahan kosong disekitar rumah serta menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat dimasa pandemi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pendampingan serta penyuluhan kepada mitra secara langsung di lapangan. Langkah-langkah yang dilakukan yakni persiapan pengabdian, pelaksanaan pengabdian, dan penyajian hasil pengabdian. Hasil kegiatan pengabdian ini mitra dapat terbantu dalam mendampingi proses belajar siswa, bertambahnya wawasan tentang pemanfaatan lahan dan kesadaran hukum. Kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat perlu terjaminnya proses belajar siswa serta wawasan tentang lingkungan dan hukum dimasa pandemi.

Keywords

Pemberdayaan Pendampingan Siswa Sekolah Dasar

Article Details

References

  1. Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
  2. Margowati, S., Ratnasari, M. D., Ardiyaningrum, D., Sari, D. A., & Normalita, I. (2021). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan di Masa Pendemi Covid-19. COMMUNITY EMPOWERMENT, 6(4), 524–531.
  3. Millah, I. A. (2020). Penanggulangan Kejahatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 497–513. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/article/view/28099
  4. Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
  5. Unicef. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak. Unicef.Org, 1–16. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/menuju-respons-dan-pemulihan-covid-19-yang-berfokus-pada-anak