Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh brand identity dan motivasi dengan religiusitas sebgai variabel moderasi terhadap keputusan menginap pada hotel syariah. Populasi berjumlah 100 responden yang merupakan masyarakat yang pernah menginap di hotel syariah. Sampel dimbil dengan dengan metode quota smpling sebagai penentn jumlah responden,yang pernah menginap di hotel syariah. Sampel yang diambil yaitu masyarakat yang pernah menginap pada hotel syariah. Data dalam penelitian ini,adalah data primer, yaitu data yang diproleh dengan menyebar kuesioner melalui google form. Kuesioner yang didapat sebanyak 100 dan yang diolah sebanyak 100 kuesioner. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu Moderarte Analysis Regression (MRA). Hasil penlitian menyatakan bahwa variabel brand identity dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusannmenginap. Setelah dimoderasi dengan religisitas variabel brand identity tidak berpengaruh terhadap keputusan menginap begitu juga religiusitas tidak dapat memoderasi pngaruh antara motivasi terhadap,keputusan menginap.

Keywords

Brand Identity Motivasi Religiusitas Keputusan Menginap

Article Details

References

    Aditya, H. M., & Hadi, M. (2015). Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, dan SIkap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung. Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, UNY, 5, 2017–2020. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
    Akbar, S. F., & Tricahyadinata, I. (2020). Pengaruh display produk , promosi below the line dan motivasi belanja hedonis terdahap keputusan pembelian impulsif motivations has been influenced by impulsive buying decisions. 12(1), 115–123.
    Akhyar, K. F., & Pramesti, D. A. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian.
    Arifin, L. N. (2017). Aanalisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Islamic Branding, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 11. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
    Fitrianty, R., Danurdara, A. B., & Safari, A. S. (2020). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan sikap Terhadap Keputusan menginap di Hotel Syariah Kota Bandung. 21(1), 1–9.
    Fransisco, A. (2019). Populasi Agama di Indonesia. https://www.afrid-fransisco.id/2019/07/populasi-agama-di-indonesia-jumlah.html
    Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
    Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.
    Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23.
    Hair, J., & Joseph, F. (2010). Multivariate Data Analysis, Seven Edition.
    Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. 3(1), 0–19.
    Imamuddin, M., Syahrul, S., & Dantes, R. (2020). Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera Barat. KABILAH : Journal of Social Community, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.3884
    Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis.
    Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
    Jayanti, W. A., & Iriani, S. S. (2020). What Attracts Guest to Stay? Brand Identity, Religiosity, and Reference Group towards Decision to Choose Sharia Hotel. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 4(1), 32. https://doi.org/10.26740/al-uqud.v4n1.p32-47
    Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284
    Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran.
    Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, (I. Pearson Education (ed.); 15th Editi).
    Nashori, H. F. (2002). Mengembangkan kreatifitas dalam perspektif psikologi Islam.
    Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79. https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487
    Priyono, A. (2017). Pengaruh Green Marketing dan Identitas Merek pada Citra Merek terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Ultra Milk di Area Pemasaran Jakarta. Industrial Engineering Journal, 6(1), 4–9.
    Rohmaniah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Lokasi dan Brand Image terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. 108.
    Santoso, I., & Adawiyah, S. El. (2020). Branding Islam dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. 1–12. https://doi.org/10.24853/baskara.2.1.1-12
    Solomon, M. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, (11th Editi). New Jersey: Prentice-Hall.
    Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B.
    Suharyadi, & S.K, P. (2015). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern (3rd ed.).
    Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Bayumedia Publishing.
    Zulkarnaen, I. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Kota Takengon ( Studi pada Pengunjung Wisata Bur Telege).