Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh anthropomorphism dan augmented reality (AR) terhadap keputusan pembelian dan jenis produk sebagai variable moderasi. Sampel pada penelitian ini masyarakat yang berdomisili di Magelang dan memiliki aplikasi Tokopedia dan minimal sudah pernah melakukan transaksi minimal satu kali di Tokopedia. Metode pengambiloan data menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel 100 reponden. Alat analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis dengan bantuan SPSS versi 25.0. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anthropomorphism berpengeruh negative terhadap keputusan pembelian, augmented reality (AR) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, jenis produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, jenis produk tidak memoderasi pengaruh anthropomorphism terhadap keputusan pembelian, jenis produk tidak memoderasi pengaruh augmented reality (AR) terhadap keputusan pembelian.


 


 

Keywords

Kata Kunci: Anthropomorphism; Augmented Reality (AR); Jenis Produk; Keputusan Pembelian

Article Details

References

    Fandi Permana. (2021, Juni 27). Survei Simillarweb: Tokopedia Rajai Marketplace di Kuartal I 2021. Diakses dari https://www.tribunnews.com/techno/2021/04/22/survei-similarweb-Tokopedia-rajai-marketplace-di-kuartal-i-2021
    Fan, X., Chai, Z., Deng, N., & Dong, X. (2020). Adoption of augmented reality in online retailing and consumers’ product attitude: A cognitive perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 53(February 2019), 101986. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101986
    Ferdinand. (2002). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Jakarta: Erlangga.
    Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 21 Upgarade Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
    Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 21 Upgarade Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
    Han, N. R., Baek, T. H., Yoon, S., & Kim, Y. (2019). "Is that coffee mug smiling at me? How anthropomorphism impacts the effectiveness of desirability vs. feasibility appeals in sustainability advertising". Journal of Retailing and Consumer Services, 51(1): 352–361.
    Han, Ming Chung (2020)." The Impact of Anthropomorphism on Consumers Purchase Decision in Chatbot Commerce". journal of internet commece. The Impact of Anthropomorphism on Consumers’ Purchase Decision in Chatbot Commerce: Journal of Internet Commerce: Vol 20, No 1 (tandfonline.com)
    Harefa, dkk (2021). "Armart: Aplikasi pencarian produk di minimarket berbasis Augmented reality". Jurnal Teknik Informatika. 13(1): 5-10. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/1145/755
    Khenfer et al. (2020). "Customer empoerment in the face of perceived incomppetence: Effect on preference for anthropomorphized brands". Journal of bussiness research. 188. 1-11.
    Kotler dan Keller. (2012) . Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Erlangga
    Laksmidewi et al. (2017). "Anthropomorphism in adevertising: the effect on Anthroporpigisc Product Demonstration on Consumer Purchase Intention". Asian Academy of Manjement Journal. 22(1): 1-25
    Merdeka. (2021, Februari 24). Daftar E-commerce Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia. Diakses dari https://www.merdeka.com/uang/daftar-e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-di-indonesia.html
    Muh Iqbal. (2021, April 22). Bukan Shopee, ini Juara Markerplace RI di Kuartal 1/2021. diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210421232912-37-239796/bukan-shopee-ini-juara-marketplace-ri-di-kuartal-i-2021.
    Nurcholis. (2021, Februari 25). Tokopedia E-commerce yang Paling Banyak dikunjungi pada Januari 2021. Diakses dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-5469818/tokopedia-e-commerce-yang-paling-banyak-dikunjungi-pada-januari-2021
    Pramesti, dkk. (2017) "Keterlibatan Merek dan Motif Konsumen dalam Komunikasi E-word of Mouth melalui sosial Media". Optimum Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. Vol. 7, No.2. https://www.bing.com/search?q=KETERLIBATAN+MEREK+DAN+MOTIF+KONSUMEN++DALAM+KOMUNIKASI+E-WORD+OF+MOUTH++MELALUI+SOSIAL+MEDIA&form=ANNTH1&refig=9be95dd623eb45b68691f578c72981b9
    Rengganis, dkk. (2020) "Persepsi pengguna fitur augmented reality pada plathform online shopping berbasis tecnology acceptance Model". Prosiding Industri Research workshop and national seminar. Vol. 11, No.2. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2157
    Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. 7th ed. Jakarta: Indeks.
    Shavira, P A (2020). Athropomorfisme brand: Kampanye Digital Pencegahan Covid-19 oleh Traveloka. Jurnal ilmu komunikasi Vol. 10, No.2.
    Stepen Cawood dan Mark-Fiala. (2007). Augmented Reality A practical Guide. The Pragmatic Progammers
    Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu). Alfabeta.
    van Esch, P., Arli, D., Gheshlaghi, M. H., Andonopoulos, V., von der Heidt, T., & Northey, G. (2019). Anthropomorphism and augmented reality in the retail environment. Journal of Retailing and Consumer Services, 49(March), 35–42. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.002
    Xie et al (2020). " Online Anthropomophism and consumer privacy concern: moderating roles of need for interaction and sosial eclusion". Journal of Retailing and Consumer Service.
    Zheng, J., Sirkka L. (2019). "Negative Consequence of Anthropomphized Tehnology: A Bias Thereat-Illusion Model". Proceeding of The 52nd Hawai International Conference in System Sciencces.
    Zhu, H., Wong, N., & Huang, M. (2019). Does relationship matter? How social distance influences perceptions of responsibility on anthropomorphized environmental objects and conservation intentions. Journal of Business Research, 95(August 2017), 62–70. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.008