Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat penggunaan media sosial, motivasi, efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.133 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang di tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan sebaran sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan tingkat penggunaan media sosial berpengaruh secara positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Motivasi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Sedangkan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh negatif terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Keywords

Minat Berwirausaha Motivasi Efikasi Diri Pengetahuan Kewirausahaan

Article Details

References

  1. Adi Ahdiat. (2022). Lebih Dari Separuh Pengangguran Berusia 15-29 Tahun Pada Februari 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/lebih-dari-separuh-pengangguran-berusia-15-29-tahun-pada-februari-2022
  2. Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
  3. Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17.
  4. Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(2), 164. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p164-172
  5. Bandura. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. W H Free and Company.
  6. Dardiri, A., Irsyada, R., & Sugandi, M. (2018). Kontribusi Pemahaman Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0. Kemajuan Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Penelitian Humaniora, 242.
  7. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Universitas Diponegoro.
  8. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 9). Universitas Diponegoro.
  9. Indriyani, I., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Economic Education Analysis Journal Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. EEAJ, 8(2), 470–484. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493
  10. Maftuhah, R., & Suratman, B. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 121. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p121-131
  11. Myfield, A. (2008). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Pustaka Pelajar.
  12. Ni Made Sintya. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Sain, Akuntansi Dan Manajemen, 1.
  13. Rachmawati, H., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. 10. https://doi.org/10.3360/ejpe.v10i1.6236
  14. Rahayu Nengseh, R., & Yonisa Kurniawan, R. (2021). Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157
  15. Riyanto, & Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Deepublish CV Budi Utama.
  16. Rizky Adam, E., Lengkong, V., Uhing, Y., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2020). Pengaruh Sikap, Motivasi, Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Feb Unsrat (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen) Influence Of Attitude, Motivation And Self-Efication Towards The Interest Of Business Feb Unsrat Students (Case Study On Man. Mot… 596 Jurnal EMBA, 8(1), 596–605.
  17. Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya.
  18. Satrionugroho, B., & Tomo, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha Di Bidang Teknologi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 8(2), 35–39. https://doi.org/10.30646/tikomsin.v8i2.516
  19. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  20. Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 627. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p03
  21. Trisnawati, N. (2014). Pengetahuan Kewirausahandan Dukungan Sosial Keluarga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 57–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/715
  22. Yuritanto, & Armansyah. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Stie Pembangunan Tanjungpinang. Jurnal Inovasi Penelitian, 1.