Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix (Product, Price, Place & Promotion) terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Solo Raya yang pernah melakukan transaksi belanja online melalui e-commerce. Pencarian sampel dilakukan dengan cara menyebarkan 200 kuesioner secara online ataupun offline pada periode 13 – 19 November 2022 dan menghasilkan 183 sampel yang memenuhi syarat dan kriteria dalam penelitian ini.  Kemudian dilakukan analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) – SEM dengan bantuan software SmartPLS versi 3.3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Produk tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (ii) Harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian berdasarkan taraf signifikansi 0,05, namun jika menggunakan taraf signifikansi 0,10 maka harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian (iii) Lokasi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian (iv) Produk tidak berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan (v) Harga, lokasi dan promosi berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan (vi) Kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (vii) Kepercayaan pelanggan tidak memediasi pengaruh produk terhadap keputusan pembelian (viii) Kepercayaan pelanggan tidak memediasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada taraf signifikansi 0,05, namun jika menggunakan taraf signifikansi 0,10 maka kepercayaan pelanggan memediasi pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (ix) Kepercayaan pelanggan mampu memediasi pengaruh lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian.

Keywords

marketing mix kepercayaan pelanggan e-commerce keputusan pembelian belanja online

Article Details

References

  1. ade Irawan, I. (2018). Irawan: Effect Of Trust, Convinience, Security And Quality Of Service… Effect Of Trust, Convinience, Security And Quality Of Service On Online Purchase Decision (Consumer Case Study In Tangerang Selatan Area).
  2. Amir, A. J. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Penerapannya. Ipb Press.
  3. Asdi, & Putra, A. H. P. K. (2020). Point Of View Research Management The Effect Of Marketing Mix (4p) On Buying Decision: Empirical Study On Brand Of Samsung Smartphone Product. In Point Of View Research Management (Vol. 1, Issue 4). Https://Journal.Accountingpointofview.Id/Index.Php/Povrema
  4. Ayuni, S. (2020). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.
  5. Dessyaningrum, C. (2020). Pengaruh Kualitas Mobile, Harga, Dan Kualitas Produk Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Situs Shopee Cici. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol Xii.
  6. Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  7. Gimor, H., Yuliviona, R., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Sate Taichan Senayan Buncab.
  8. Isnaini Asiati, D., & Hazazie Akbar, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kepercayaan Terhadap Pembelian Online. Peringkat Akreditasi Sinta, 18(3), 1.
  9. Kusuma, R. W., Ban, T. G., Yan, R., & Guntur, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia (Factors Affecting Purchase Decisions Through Trust As Intervening Variables In Marketplace Tokopedia). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(02), 125–136.
  10. Lidwina, A. (2021). Pola Belanja Online Di Kalangan Anak Muda Berubah Saat Pandemi. Http://Www.Databooks.Id/
  11. Nababan, B. O., & Jubaedi. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Club (Vol. 13, Issue 2).
  12. Rachbini, W. (2018). The Impact Of Consumer Trust, Perceived Risk, Perceived Benefit On Purchase Intention And Purchase Decision. International Journal Of Advanced Research, 6(1), 1036–1044. Https://Doi.Org/10.21474/Ijar01/6317
  13. Ramadani, I. Q., & Syaichoni, A. (2022). The Influence Of Product, Price, And Promotion On Customer Trust In The Thrifting Business In Tulungagung Outfit. Al-Khianaf Journal Of Islamic And Busines. Https://Doi.Org/10.24256
  14. Riantika, Y., Arief, M. Y., & Fandiyanto, R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Lokasi Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Pada Toko Hw Bakery Situbondo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (Jme) Feb Unars, Vol. 1, No(8.5.2017), 2003–2005.
  15. Sfenrianto, S., Wang, G., Kelly Sawlani, D., Tarigan, R. E., Gunawan, W., & Kelly, D. S. (2018). The Use Of Quality, Security And Trust Factors To Improve The Online Purchase Decision. Article In Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 15(5). Www.Jatit.Org
  16. Sitanggang, F., Sidebang, A., & Mirza, D. F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ban Sepeda Motor Merek Swallow Pada Pt. Industri Karet Deli Medan. Tijarah, 1(19), 135–142. Https://Jurnal.Uisu.Ac.Id
  17. Vasan, M. (2021). Impact Of Promotional Marketing Using Web 2.0 Tools On Purchase Decision Of Gen Z. Materials Today: Proceedings. Https://Doi.Org/10.1016/J.Matpr.2021.03.188