Main Article Content
Abstract
World Health Organization melaporkan tingginya prevalensi merokok pelajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklan rokok, pengetahuan dan sikap dengan perilaku merokok pelajar di Indonesia. Penelitian ini merupakan analisis data sekunder Global Youth Tobacco Survey (GYTS) di Indonesia Tahun 2014 dengan menggunakan desain studi cross sectional. Sampel penelitian adalah seluruh pelajar kelas 7-9 di Indonesia yang berpartisipasi dalam GYTS 2014 dan memiliki data lengkap yakni 5093 orang. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan rokok (p=0,000), pengetahuan (p=0,026) dan sikap (0,000) memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku merokok pelajar. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa hanya iklan rokok dan sikap yang berhubungan dengan perilaku merokok pelajar di Indonesia dengan Exp(B)= 2,341 (95% CI: 1,874-2,925) dan Exp(B)= 5,229 (95% CI: 4,361-6,269). Pentingnya meniadakan iklan rokok serta meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya merokok.