Main Article Content

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana alam, terutama gempa bumi. Karena berbagai bencana dapat terjadi, penting untuk mulai bersiap menghadapi bencana sejak dini. Langkah-langkah pendidikan dan pelatihan tentang perlindungan iklim ini menyangkut berbagai segmen masyarakat dan seharusnya sudah dilaksanakan pada anak-anak sekolah. Anak-anak sering menjadi korban bencana karena mereka tidak mampu melindungi diri mereka sendiri dan berada di luar pengawasan orang tua mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan pencegahan bencana gempa bumi merupakan hal penting yang harus dipelajari anak sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi bencana gempa bumi terhadap pengetahuan tentang bencana gempa bumi pada siswa SD, untuk mengevaluasi keterampilan dan partisipasi siswa sekolah dasar dalam melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan untuk menentukan tingkat kesiapsiagaan anak-anak sebelum dan sesudah edukasi kesiapsiagaan bencana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pre-eksperimen menggunakan teknik pretest dan posttest. Besar sampel sebanyak 45 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Uji analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi dan pengetahuan bencana gempa bumi terlihat nilai Asymp.Sig 0,001 < 0,05. Menunjukkan adanya pengaruh edukasi bencana gempa bumi terhadap pengetahuan tentang bencana gempa bumi pada siswa SD.

Keywords

Edukasi Pengetahuan Gempa Bumi Anak SD

Article Details