Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan terhadap kualitas pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lestari Raharja dengan populasi pasien umum non BPJS usia 20-65 tahun menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode servqual (service quality) yang terdiri dari lima dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Data diolah dan dianalisis dengan membandingkan harapan konsumen dengan realita pelayanan informasi obat yang digambarkan dalam bentuk diagram kartesius. AHasil penelitian menunjukkan mayoritas atribut pemetaan pada Kuadran II diagram kartesius dimana responden merasa puas dan menganggap penting beberapa aspek layanan. Secara keseluruhan kualitas pelayanan obat di Instalasi Farmasi rawat jalan RS Lestari Raharja Kota Magelang Periode Maret 2018 termasuk dalam kategori puas.


 

Keywords

Customer Satisfaction Hospital Pharmacy Service Quality

Article Details

References

  1. Almasdy, D., Yulihasri, & Putri, D. D. (2015). Pengembangan Instrument Penilaian Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 1(2), 170-175.
  2. Anggraini, M. T., & Rohmani, A. (2012). Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Pasien Dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatan Pada Praktek Dokter Keluarga. In Seminar Hasil - Hasil Penelitian - LPPM UNIMUS. Semarang, 155- 161.
  3. Hidayana, V., & Susilawati, M. (2016). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Apotek Pelengkap Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka Solok. Scientia, 6(1), 59-65.
  4. Kawahe, M., Mandagi, C. K. F., & Kawatu, P. A. T. (2015). Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT, 4(4), 261-269.
  5. Menkes, R. PERMENKES RI No 43 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan (2016).
  6. Putri, N. A. E. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Farmasi di Instalasi Farmasi Satelit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap. Universitas Muhammadyah Yogyakarta.
  7. Rochmandanu, A. N. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan Februari 2016. Universitas Muhammadyah Magelang.