Main Article Content

Abstract

WHO menetapkan wabah Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat, sehingga institusi pendidikan dituntut menyediakan pembelajaran alternatif berupa pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kehadiran sosial dalam pembelajaran daring Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif Sampel penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan statistika deskriptif yaitu mean (rata-rata) & persentase. Kuesioner dalam penelitian ini diuji validitas hasilnya menunjukkan bahwa ada 3 item yang tidak valid dan di uji reliabel dengan pengambilan keputusan nilai koefisien Cronbach’s alpha yang diperoleh ≥0,60 dinyatakan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas partisipan adalah wanita (87,3%) dengan usia 21-23 tahun (51,3%). Rata-rata persepsi partisipan terhadap aspek keterhubungan dan aspek pembelajaran pada pembelajaran daring lebih tinggi menggunakan whatsapp group, selain itu juga Partisipan lebih memilih menggunakan webinar zoom sebagai media pembelajaran daring.

Keywords

Covid 19 Online Learning Pharmacy Students

Article Details

References

  1. Abidah, A. (2020). Peran Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 87. https://doi.org/10.47498/bidayah.v11i1.311.
  2. Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.
  3. Arifin, S., & Aprisal. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98.
  4. Beniac, D. R., Andonov, A., Grudeski, E., & Booth, T. F. (2016). Architecture of the SARS coronavirus prefusion spike. Nature Structural and Molecular Biology, 13(8), 751–752. https://doi.org/10.1038/nsmb1123.
  5. Clauson, K. A., Singh-Franco, D., Sircar-Ramsewak, F., Joseph, S., & Sandars, J. (2013). Social Media Use and Educational Preferences Among First-Year Pharmacy Students. Teaching and Learning in Medicine, 25(2), 122–128. https://doi.org/10.1080/10401334.2013.770742.
  6. Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–7.
  7. Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210
  8. Eko Yulianto, Putri Dwi Cahyani, & Sofia Silvianita. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 331–341. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.277.
  9. Ezalia, E., R, I. E., Elizabeth, G., My, W. A. N. H., Norhanim, A., Wahidah, A., Ym, C., Rahimah, A., Chin, J. G., Juliana, I., Hamid, A., Gunasagaran, K., Amir, J., John, P., Azmi, A., Mangantig, E., Hockham, C., Ekwattanakit, S., Bhatt, S., … Mary Anne Tan, J.-A. (2020). No Title. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1155/2010/706872.
  10. Fatmawati, U. (2020). Pemahaman covid-19 dan dampaknya terhadap proses pembelajaran daring selama pandemi bagi mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Universitas PGRI Madiun Umi. Prosiding SENFIKS (Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains), 1(1), 48–66.
  11. Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
  12. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan IV, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  13. Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
  14. Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.
  15. Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. 7(1), 23–33.
  16. Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
  17. Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta
  18. Nugroho, S. (2012). Profesionalisme Guru Sd Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Varia Pendidikan, 24(2), 135.
  19. Ogwunte. (2020). Perceived Influence of Zoom Cloud and Whatsapp Technologies on Instructional Delivery in University Business Education Classroom in Rivers State. International Journal of Innovative Information Systems & Technology Research 8(4):15-21, 8(4), 15–21.
  20. Permana, R. H., Ardiansah, I., Adiningsih, D., & Trisyani, M. (n.d.).¬(2018) Tingkat Usabilitas Dan Kepuasan Evernote Sebagai Platform E-Learning Untuk Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan Di Fakultas Keperawatan. 92–97.
  21. Pradono, J. (2014). Faktor Persepsi Dan Sikap Dalam Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling And Testing ( Vct ) Oleh Kelompok Berisiko Hiv / Aids Di Kota Bandung Tahun 2013 Perception And Attitude Factors In Utilization Of Voluntary Counseling And Testing ( Vct ) Services B. April 2013, 47–53.
  22. Puspitaningsih, D., & Rachma, S. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Medica majapahit. 12(1), 84–92.
  23. Routledge, P., Jurnal, K., Sebuah, K. A. C., Sebuah, D. S., Sircar-ramsewak, F., Joseph, B., Clauson, K. A., Aventis, S.-, & Lauderdale, F. (2013). Penggunaan Media Sosial dan Preferensi Pendidikan Di Antara Mahasiswa Farmasi Tahun Pertama Penggunaan Media Sosial dan Preferensi Pendidikan Di Antara Mahasiswa Farmasi Tahun Pertama. September, 37–41.
  24. Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.